Haji 2013/1434 H

Keberangkatan jamaah Zamzam Group berjumlah 70 orang, pada hari Rabu, tanggal 02 Oktober 20113 dilepas dengan tausiyah dan do’a bersama oleh Prof. KH. Ali Yafie selaku pembimbing PT. Zamzam Sumbula Thoyyiba.

Belum hilang dari ingatan kami wajah-wajah jamaah yg menunggu diberangkatkan dan berkumpul di Saphire Lounge,  Bandara Soekarno-Hatta, sementara wukuf di Arafah telah selesai.  Jamaah haji Zamzam Group yang menjalankan program HAJI  TAMATTU, yaitu ibadah haji dengan cara melaksanakan ibadah umroh dahulu kemudian Ibadah Haji dan diselingi Tahallul, sekarang masih menalani  Tawaf Wada. Setelah itu, rombongan akan kembali ke Apartemen Transit di daerah Aziziah untuk istirahat dan bersiap-siap ziarah ke Madinah.

Penuhnya Masjidil Haram dengan Muslim dari seluruh penjuru dunia, tidak mengurangi semangat para jamaah disana. Bahkan ketika hendak menjalankan sholat Jum’at, mereka sudah siap-siap dari pagi dan tidak sampai harus terdorong keluar oleh arus jamaah yang terpaksa dikeluarkan Askar karena didalam sudah penuh, seperti yang diceritakan oleh beberapa jamaah yang ditemui tim kami disana.

Sampai saat ini belum ada keluhan dari para jamaah mengenai fasilitas. Bahkan paa jamaah lebih senang berada di Apartemen transit dibanding Hotel bintang lima, karena suasananya lebih kekeluargaan. Selebihnya mereka cukup mentolerir ketidaknyamanan dikarenakan padatnya jamaah.

Semoga perjuangan dan kesabaran mereka berbuah haji mabrur. Aamiiin yra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *